Dalam meningkatkan Kemampuan kompetensi Teknik Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED selenggarakan Pelatihan Uji Kompetensi Teknik Akuntansi (UKTA) pada tanggal 18 November 2023 dan diujikan pada Tanggal 25-26 November 2023 yang bertempat pada Gedung G (G.203) dan Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Pada Pelatihan ini yang diikuti Oleh 78 Mahasiswa, ada beberapa mahasiswa yang mengikuti dua (2) Uji sertifikasi maupun hanya satu (1) Uji sertifikasi yang terdiri dari keikut sertaan pada SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) sejumlah 18 Mahasiswa dan KOMPAK (Pengoperasional Akuntansi berbasis Kompute) 69 Mahasiswa.

Pelatihan UKTA ini merupakan suatu syarat wajib diikuti oleh mahasiswa. Uji sertifikasi kompetensi ini dibagi menjadi 2 (dua) Klaster yaitu Penyusunan Laporan Keuangan berbasis ETAP dan Pengoperasional Akuntansi berbasis Komputer (KOMPAK). Serta apabila bagi Mahasiswa pada uji kompetensi tersebut  pada kedua-duanya kompeten maka Mahasiswa akan mendapatkan Gelar CAAT.CADE

Pada uji kompetensi ini para peserta akan diberikan pelatihan Spreadsheet, Accurate, memproses Entry journal, Memproses Buku Besar dan Penyusunan Laporan Keuangan di tanggal 18 November 2023. Selanjutnya pada tanggal 25-26 November 2023 dilaksanakan Tes Uji kompetensi.